yosnex 2009

14 May 2012

Tesis 08

Filed under: Kuliah 2.2 — yosnex @ 4:33 am

Kenapa terjadi mis-komunikasi khususnya pada Bab 2 PT ? Banyak hal yang masih membuat gamang atau ragu atau ketidakmantapan pemahaman saya terhadap apa yg disebut PT itu. Beberapa kegamangan itu sbb :

1.Saya belum sepenuhnya paham ttg Metodologi Penelitian Sistem Informasi, apakah seperti di Teknik Informatika atau seperti pada Manajemen ? Kalau di TInf cenderung ke Rekayasa Perangkat Lunak, semisal bikin ERP dilanjut sampai aplikasinya, ini versi Pak AH. Atau seperti Manajemen yang kental dengan Uji Hipotesa, Parametrik & Non-Parametrik Statistik, Multivariate, dll. ?

2.Dan secara khusus apa saja konten yg harus ada kalau mau bikin tesis ttg DM. Apa saja prosedur & urutan prosesnya. Yang rada ada gambaran adalah ERP, krn ada beberapa contoh. Yang jelas kerjakan saja versi pribadi, nanti disempurnakan.

3.Saya belum sepenuhnya paham tentang perbedaan kutipan dari referensi tentang kualitas kutipan untuk level S1 atau level S2-nya. Misal, kalau definisi data & informasi, kalau untuk S1 diambil dari mana ? Kalau dari S2 ngambil dari mana. Yang saya pahami kalau S2 kudu dari Jurnal Internasional, ciri khasnya pakai Bhs Inggris. Meskipun yg dimaksud Jurnal Internasional bukan faktor bahasa tapi faktor akreditasi serta kualitas jurnal itu sendiri (Universitas penerbitnya atau penyelenggara konferensinya)

4.Jurnal ada dua macam, jurnal yang satu-satu & yang dihimpun jadi buku. Kebanyakan referensi saya bentuk yg buku, semoga saja bisa diakui & dianggap jurnal internasional, krn memang berbahasa Inggris, meski kualitas jurnal itu saya juga gak tahu level akreditasinya. Apakah kalau kutipan dari Bhs Inggris itu harus diterjemahkan atau tidak ? Kalau memang ada ketentuannya, mohon ditunjukkan ketentuan itu. Kalau belum ada tertulis, tapi masih ada dibenak atau “itu khan sudah lazim” maka saya akan sesuaikan dengan kelaziman yg tidak tertulis itu. Hal yang merepotkan adalah apa yg dipahami ‘eksekutor’ berbeda dg yg saya pahami, padahal kata ‘eksekutor’ itukategori sudah lazim tadi. “Gitu aja di tanyain ?”, tapi kalau gak tanya disalahkan tulisannya. Ini yg disebut MisKomunikasi = Dosen mengira kita sudah paham, padahal aku-nya masih belum jelas. Karena kita masuk ke suatu institusi dengan openmind (mengosongkan pemahaman untuk menerima pemahaman & memenuhkan pemahaman supaya memahami yang menjadi standart pemahaman di sini)

5.Tentang kegelisahan Plagiat, saya terbebani sekali dg konotasi negatip plagiat, meski disatu sisi mempunyai aspek positip dalam rangka menjaga serta melindungi penulisnya (kitanya). Sehingga saya tidak memakai referensi yang sudah pernah dipakai oleh teman-2. Misal, saya tidak pakai buku DM LaRose atau buku DMnya Pak SS, krn takut sama dg teman-2. Kalau sama untuk UTS atau UAS saya masa bodoh krn masa aktifnya cuma 1 semester, tapi kalau PT ini sangat besar kemungkinan akan saya permanenkan jadi T.

6.Apa follow up setelah seminar PT ini, apakah nanti BOLEH atau TIDAK BOLEH dipakai sebagai candidate Tesis ? Kapan keputusan itu diperoleh ? Krn kemarin yg tampil hanya ada proses editing & revisi saja, terkait kontennya. Atau mungkin nanti setelah editing saat UAS nanti, semoga ada follow-up PT ini.

7.Yang dipresentasikan di PT itu apanya sih ? Kayaknya Bab 1 saja & persiapan akan masa depan PT ini versi penulisnya, terkait dengan kemantapan konten dari sisi pendapat penulisnya (kitanya). Versi saya adalah Bab 1 fokus pada Metlit versi proseding. Dan, konten bela diri point 1 sd 7 ini.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

