yosnex 2009

19 April 2012

Tesis 05

Filed under: Kuliah 2.2 — yosnex @ 2:02 am

Nama file PT diberi nama PT versi 1.00, versi ini adalah awal sebelum diprint, krn editing lebih baik pakai ‘manual’ saja alias diprint di kertas. Versi 2.0 adalah versi setelah diedit scr manual, rencana-nya.

Proses minggu ini sbb :

1.BAB 2 dikompilasi dari berbagai sumber. Jurnal & Kumpulan Jurnal telah ada sejak 6 bulan yg lalu. Jadi persiapan saya sudah agak lama, lihat Date Properties filenya. Urutan masih acak-acak-an. Fokus ke Gambar atau Diagram supaya lebih ‘original’ alias ‘free-plagiat’.

2.BAB 1 analogi dari Tesis sebelumnya, dalam artian menjiplak atau mem-plagiat sebagian, tapi tetap aja plagiat. Meski dikit.

3.Kalau ingin FREE dari Plagiat jangan pakai REFERENSI yg sama dengan yg dipunyai dalam ranah publik. Alias, jangan pakai Jurnal atau Tesis yang dikasih di kelas. Hindari itu, krn pasti arahnya ke Plagiat. Makanya cari di Internet. Ya, kata “CARI DI INTERNET, PAKAI GOOGLE” itu adalah kata yg sangat sering terdengar, itu hanya kata-kata. Bukan Fakta, gak akan ketemu kalau sekedar kata-kata, Implementasikan scr real dg tindakan. Kalau kita di-tanya, jawabannya juga sama, Cari aja di Internet. Bukti sudah menemukan apa. Ini salah satu contohnya/faktanya.

4.Tantangan Tesis adalah bukan untuk membuat Karya Ilmiah atau Penelitian semata-mata demi Gelar, tapi LEBIH CENDERUNG ke pembuktian bahwa karya kita bukan hasil Plagiat. Siapa yang menvonis saya plagiat harus bisa membuktikan dimana & bagaimana saya mem-plagiat. Makanya, di PT saya, saya mencantumkan lengkap nama ebook & ebooknya rencananya akan saya link ke word PT saya, supaya ketika di-click langsung ebook referensinya terbuka. Ini baru rencana, kayaknya harus bikin boolkmark di PDF-Readernya.

Sebenarnya saya pengen sekali lihat karya PLAGIAT itu kayak apa & bagaimana bentuknya supaya lebih ngerti ttg PLAGIAT. Karena selama ini, konsep PLAGIAT hanya dikenalkan lewat kata-kata, bukan fakta. Selama belum ada buktinya, maka konsep PLAGIAT hanya sebatas konsep saja.

5.BackUp-BackUp-BackUp, saking pentingnya backup data, maka minimal harus disimpan di 3 (TIGA)  tempat yg berbeda. Di Hardisk Laptop, FlashDisk & Hardisk Eksternal. Ini sangat penting. Saya harus banyak belajar ttg seringnya kejadian laptop hilang beserta data-2 pentingnya. Laptop hilang bisa beli lagi, data penting hilang lebih gawat. Bisa jadi ongkos untuk me-recovery data lebih dari harga laptop.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: