yosnex 2009

19 March 2012

Kuliah 3.02

Filed under: Kuliah 2.2 — yosnex @ 2:13 am

CyP Analisis Rasio Keuangan (Financial Analysis Ratio), materinya text-book banget alias berbasis full-materi-kopian. Sub-materinya 2.1. Pengertian rasio keuangan ; 2.2. Pihak yg berkepentingan thd laporan keuangan perusahaan ; 2.3. Manfaat analisi ratio ; 2.4. Penggolongan analisis rasio keuangan ; 2.5. Analisis rasio keuangan ; 2.6. Rasio likuiditas ; 2.7. Pengukuran rasio liquiditas ; 2.8. Rasio leverage. Semula memang agak apriori alias gak-minat terhadap yg namanya neraca lajur dan sejenisnya. Tapi ketika ber-proses dan ternyata tidak terlalu rumit, maka itu akan menarik. Tergantung siapa yang menjelaskan. Semoga bisa berproses dengan baik.

EIS Pembahasan diawali dari Konsep Sistem Informasi, SI berbasis Komputer. Klasifikasi Sistem Informasi. “Apa beda Pilkada sama Pil KB ?”. Kalau Pilkada kalau jadi Bupati biasanya Lupa akan janji-2 kampanye-nya [kalau jadi, lupa]. Kalau  Pil KB, kalau lupa pakai, maka akan jadi hamil [kalau lupa, jadi]. Kayak dosen yg semester kemarin, tapi lumayanlah. Karena harus ada aspek humanisme saat membahas aspek teknis.

MKSI ttg Kualitas Software, bug serta sejarahnya. Serta strategi atas resiko. Masih belum pada paham ttg tugas yg harus dibuat & dipresentasikan dari buku Daniel Galin, 2004. Ternyata harus dalam format makalah sekaligus presentasi. Yang jelas saya udah pesen topik usability atau daya-manfaat. Sama seperti artikel yg pernah saya tulis dulu. Lumayan hemat waktu, meski tidak nambah pengetahuan.

PT sudah mulai masuk topik-topik Tesis & penjelasannya. Yaitu : [1]. Perencanaan Strategis SI.  [2]. Pemodelan Arsitektur SI/ Rekayasa SI.  [3]. Audit Sistem Informasi.  [4]. Kajian terhadap tata kelola TI.  [5]. Kajian mengenai aspek perilaku pengguna TI.  [6]. Kajian mengenai Manajemen Resiko TI.  [7]. Pembangunan Model Knowledge Mgmt. (KM). Khusus topik [1] & [2] untuk obyek Pendidikan sudah tidak boleh diambil krn sudah jenuh alias banyak yang membahas & hampir mirip-mirip dan menjurus ke plagiat. Maka diupayakan selain yang tidak boleh tadi.Fokus utama di mata kuliah ini.

Topik yang jadi perbincangan kali ini adalah nilai MPP, semula saya pesimis krn UTS-ku tidak seberapa bagus, cuma optimis di UAS. Komentar saya, “Kalau saya aja yang gak bisa dapat A, apalagi teman-2 yang lain”. Ini statemen mahasiswa yang rendah hati sekaligus rendah diri, alias terkontaminasi antara pesimis & optimis, yang melahirkan realistis.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: