yosnex 2009

13 March 2012

Kuliah 3.01

Filed under: Kuliah 2.2 — yosnex @ 9:57 am

Masuk lagi, tapi ada mata kuliah yang bikin ‘mules’. Semester baru sudah mulai, tapi ada yang nagih Presentasi. Terus presentasinya gimana memprosesnya, masuk mata kuliahnya apa, terus waktunya kapan, yang ndengerin presentasinya siapa. Apa bukan kegiatan illegal itu, lagi pula gimana mbayar honornya, khan absennya sudah di-arsipkan. Temen-2 juga pada lupa sama nama Dosen & Mata Kuliah-nya.🙂

CyP Apa bedanya kreativitas & inovasi ? Tinjauannya pada metode penciptaannya. Kalau kreativitas proses penciptaannya pada tataran ide, gagasan & konseptual. Bisa dibilang masih 2 dimensi alias bidang datar. Kalau inovasi sudah dalam bentuk karya cipta nyata atau ber-domain 3 dimensi. Main garis lurus kayak gini : bagaimana menghubungkan garis lurus pada titik-titik berikut ini : [dikutip dari http://asimtot.wordpress.com/2011/07/20/hanya-enem-garis-lurus-melewati-16-titik/%5D

Kayak gini soalnya : menghubungkan garis lurus melalui semua titik yg ada tanpa mengangkat alat tulis (tersambung) :

Soal : http://asimtot.files.wordpress.com/2011/07/menghubungkan-titik-1.jpg

1. http://asimtot.files.wordpress.com/2011/07/menghubungkan-titik-solusi-1.jpg

2. http://asimtot.files.wordpress.com/2011/07/menghubungkan-titik-solusi-2.jpg

3. http://asimtot.files.wordpress.com/2011/07/menghubungkan-titik-solusi-3.jpg

EIS mbahas rencana Seminar. Pas mbahas sepertinya agak mudah atau ringan, karena MK lain belum terlihat level kesibukannya. Bagus ditinjau dari keluangan waktu krn akan memberikan pengalaman ber-konperensi atau sebagai pemakalah. Tapi yang jelas saya belum siap terlibat terlalu jauh krn target saya semester ini adalah Pra-tesis. PT itu bukan hal yang main-2, harus baca sekian banyak jurnal, mengkategorikan dalam subyek yg sejenis, mengurutkan sesuai dengan urutan obyek yang akan diamati. Belum kalau ada Jurnal yang harus ditelusuri ke belakang, dan itu harus dikerjakan sendiri. Harus sendiri. Baru dapat 1 kumpulan jurnal [https://yosnex.files.wordpress.com/2012/03/jurnal-information-technology-and-societal-development-andrew-targowski-2009.pdf]

PT menargetkan untuk mencari tema yg akan dinominasikan sebagai calon tema tesis. Dari sini baru ngahuleng karena pencarian tema tesis bukan hal mudah, harus ada dukungan jurnal & kemungkinan data tersedia. Gak cukup 20 kumpulan jurnal, kurang itu. Gak cukup proceeding SNATI atau KNSI. Belum membacanya. Kali ini masih dalam tahapan mengumpulkan saja.

MKSI belum juga kuliah dimulai & dipahami tugas sudah meluncur. Untungnya bahan disediakan, jadinya kita sibuk membagi topik, lupa tadi dijelasin materi apa. Ingetnya Testing saja.

Praktis hari ini hanya membahas Nama Mata Kuliah, silabus & materi pengantar, dan itu wajar. Dua mk udah dipastikan A, yg dua lagi targetnya B atau kalau sial bisa jadi jadi C. Itu mah gimana Pak Dosen aja deh, urusan menilai, terserah. Dikasih B atau C silahkan aja, dengan pertimbangan prioritas saya pada proses bukan nilai abjad semata. Kalau memang kualitas saya setara B yang memang segitu penilaian Dosen thd saya, wajar saja. Saya juga gitu kalau menilai mahasiswa saya. Saya gak boleh egois & maksa harus dapat A. Itu namanya keblinger. Sekali lagi, ber-proses menuju akhir putaran, itu yg penting. Proses !!!.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: