yosnex 2009

29 July 2010

Keong Racun YouTube Disintermediation Case

Filed under: Blog & Internet — yosnex @ 3:11 am

Maraknya lagu Keong Racun yg dinyanyikan Sinta & Jojo di YouTube merupakan salah satu dari 12 karakteristik ekonomi digital yang disampaikan oleh Don Tapscott. Yaitu, Disintermediation. Dis=tidak atau tanpa, inter=antara, perantara, menghubungkan 2 entitas, media=orang atau sesuatu subyek perantara. Atau tanpa media perantara. Dalam terapan lain disebut tanpa CALO atau langsung ke petugas yg bersangkutan.

Dalam kasus Keong Racun ini Sinta & Jojo hanya bermodal senyum + seni (lip-sync) suara, pemutar lagu + kamera video & internet. Tanpa audisi, tanpa manager, tanpa broadcaster (radio, TV), tanpa record companies (perusahaan rekaman+produsernya). Dan, yang pasti ONGKOS lebih hemat.

Internet telah melahirkan banyak penjual yang langsung menjajakan dagangannya di internet, baik via FB atau melalui web site tertentu. Ini juga termasuk dalam karakteristik Dis-inter-mediation. Internet-lah yang menjadi perantara, bukan orang atau oknum yang bisa mengakibatkan naiknya harga, karena oknum tadi merupakan salah satu COST yang termasuk dalam HPP (harga pokok penjualan).

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: