yosnex 2009

28 August 2009

Saat Sakit

Filed under: Selingan Sekedarnya — yosnex @ 1:59 am

Ada benarnya ketika menyatakan bahwa kesehatan adalah harta yang tak ternilai. Karena ketika sakit (khususnya sakit berat) tidak ada kesempatan luas untuk bersenang-senang menikmati kehidupan duniawi. Semisal, menikmati makanan. Perlu sekali mencermati dua hal :

1.Bagaimana menjaga serta mempertahankan kesehatan kita masing-masing, dengan metode pencegahan atau preventip. Dengan olah raga, makan teratur, hindari stress (hindari keinginan yang sukar atau mustahil dicapai). Menghindari kerja keras sangat sulit manakala kerja keras sudah menjadi rutinitas sekaligus kewajiban. Imbangan berupa istirahat yang cukup sangat dibutuhkan.

2.Pelajari siklus penyakit kita masing-masing. Penyakit bisa berasal dari 2 sumber, yaitu diri-sendiri atau akibat kesalahan kita sendiri. Dan, sebab oleh tertular dari pihak lain.

Kapan terakhir Anda sakit ? Sakit yang sering saya derita adalah Flu & Batuk. Saya sakit sekitar 2 mingguan selama setahun bisa 2 – 4 kali. Ini hanya perkiraan selama ini. Disini yang paling penting adalah apa penyebabnya penyakit itu bisa muncul. Pekerjaan saya mensyaratkan harus banyak omong, bermodalkan tenggorokan, disana ada pita suara yang sensitif terhadap es/dingin. Dan, saya sangat anti es, meski sering lupa dan tergoda untuk menikmati kenikmatan es yg sekejap itu.

Selain flu & batuk, penyakit kambuhan saya adalah masuk angin atau akibat hembusan angin yang terlalu kencang saat badan tanpa penghalang yang cukup. Bisa saat kena kepala (gak ada pelindungnya) atau kena perut. Naik sepeda motor meski dibelakang saya tidak nyaman, namun anehnya saat meluncur pakai sepeda hembusan angin itu tidak terasa sebagai ancaman, malah menyegarkan. Mungkin, dikarenakan badan yang berkeringat karena kayuhan sepeda. Akibat dari hembusan angin tadi – selama ini – untungnya bisa segera diatasi dengan obat masuk angin biasa. Dan biasanya segera sembuh. Yang parah bila berlanjut dengan diare, yang kadang bisa 3 atau 4 hari BABnya bersifat fluida. Untuk kasus diperkirakan-maag atau saya sebut maag ringan, ini muncul manakala perut kosong, dan ketika diisi tidak sanggup menampung asupan makanan, dengan berbagai sebab tadi.

Akhirnya, makanan & minuman pantangan saya adalah GORENGAN dengan minyak goreng berlebih & jenuh (udah item minyak gorengnya), ES (es batu) dan MINUMAN DINGIN (khususnya TEH kemasan botol dan sirup). Kalau pesen juice buah maka dengan es sedikit. Dua pantangan diatas ternyata berlawanan dengan kebanyakan dari kita, banyak orang suka GORENGAN & MINUMAN DINGIN, sehingga peluang saya tergoda adalah cukup besar. Termasuk Vira & Syifa juga hobi MINUMAN DINGIN. Saya juga menghindari BAKSO yg berkuah kebanyakan VETSIN, khususnya bila perut lagi kosong atau dalam keadaan lapar. Kadang bisa bikin mual dan bila disertai keringat dingin, bisa keluar lagi si bakso itu. Kalau baksonya original dan tanpa vetsin, perut masih bisa toleran.

Untuk makanan minuman yang dianjurkan adalah SUSU, vitamin, sereal, jahe, dll. Untuk ke depannya sangat penting menginventarisir makanan minuman mana yang BAIK & BURUK bagi kesehatan. Berusaha vegetarian, ternyata cukup sulit, disangka tidak mensyukuri nikmat, khususnya dalam contoh pertumbuhan kembang anak, karena anak-2 memerlukan daging untuk pertumbuhannya.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: