yosnex 2009

15 February 2010

Menambah Daya Listrik

Filed under: Selingan Sekedarnya — yosnex @ 8:15 am

Menambah daya listrik bukan suatu hal teknis semata. Karena ada dua sisi dalam penyediaan listrik ini, yaitu aspek teknis & bisnis. Secara teknis menambah daya tidak menguntungkan karena akan mengurangi cadangan listrik, tapi secara bisnis, menambah daya akan menambah pendapatan bagi PLN. Dua sisi yang saling bertentangan tapi mendatangkan peluang, asal dikelola dengan baik. Dengan masih dikelolanya perlistrikan secara tunggal oleh PLN, maka hanya ada satu kata dari pelanggan untuk menambah daya listriknya, yaitu menunggu. Tentu saja sebelumnya harus memohon terlebih dulu.

Adapun langkah-langkah yang saya tempuh sbb :

1. Cari tahu informasi sebanyak mungkin tentang penambahan daya listrik ini. Baik secara online di internet atau banyak bertanya kepada teman-teman yg pernah berurusan dengan perlistrikan ini.

2. Ada dua domain yang terkait, yaitu PLN sebagai entitas teknis, dan Kantor Pos sebagai entitas bisnis. Keduanya di link dengan layanan online via phone 123 ekstension 3. Baru kita akan terhubung dengan operator manusia, sebelumnya 123 menggunakan bahasa mesin alias rekaman instruksi.

3. Lunasi tunggakan, meskipun belum jatuh akhir pembayaran. Sekarang tgl 15 Feb, belum batas akhir pembayaran yang tgl 20 Feb, karena terdeteksi dari nomer pelanggan (12 digit) bahwa saya belum bayar bulan ini, maka proses permohonan tambah daya tidak bisa diteruskan. Nanti malam atau besok pagi, melunasi dulu tagihan listrik.

4. Baru mengulangi proses no. 2.

5. Setelah nomer registrasi permohonan didapatkan (diperoleh dari 123,3 tadi, bila lancar & normal), maka pembayaran dilakukan di Kantor Pos secara online. Sekali lagi, bila jaringan normal maka transaksi akan berlanjut. Tadi siang ke Kantor Pos Kebon Waru, ternyata gangguan. Kalau seperti ini, hanya satu kata. Sabar, saja.

6. Masa menunggu dimulai. Menunggu survai, menunggu petugas datang, menunggu sampai benar-benar dayanya naik. Dan dengan kesabaran yang tinggi, proses menunggu itu telah mulai berlangsung. Bisa 2 minggu atau 3 minggu, bahkan lebih.

Keesokan Harinya, ….

Pagi, pembayaran listrik bulan Februari 2010 telah dilaksanakan via ATM BCA. Kemudian, sekitar jam 10.30-an, aku call lagi 123-3, ternyata pembayaran belum sampai ke database PLN, shg permohonan tambah daya tidak bisa di proses. Harus nunggu 2 hari lagi, untuk memulai permohonan penambahan daya. Suatu proses yang terlalu bertele-tele. Tapi selama PLN bermonopoli listrik, itu adalah hak dia mau seenaknya, konsumen tidak ada pilihan lain, kecuali menurut saja. Dari 123-3 tadi aku sempat nanya berapa lama proses penambahan daya, setelah pelunasan biaya penambahan daya, ternyata 3 s/d  14 hari kerja. Kita tunggu 2 hari lagi setelah data ONLINE pembayaran masuk. kayaknya bukan ONLINE, tapi OFF-LINE. Mana ada ONLINE diminta nunggu 2 hari.

About these ads

1 Comment »

  1. Saya melakukan penambahan daya dari 450 ke 1300, sampai hari ini (hampir dua bulan), belum dipasang juga. Setiap di-telp, petugasnya bilang, Mungkin petugasnya ke tempat lain dulu, tunggu saja”. Saya kecewa juga dengan pelayanan PLN. Tidak sesuai dengan motonya:”Melayani lebih, lebih melayani” Harusnya motonya diganti menjadi:”Melayani lebih lama, lebih lama melayani.”

    haryoso w :
    kalau udah bayar tinggal tunggu maksimal 14 hari kerja, bila lebih dari itu, silahkan tulis di media massa.

    Comment by Ahsa — 21 April 2010 @ 10:15 pm


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

The Silver is the New Black Theme Blog at WordPress.com.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: